Info KKP

Sabtu, 27 April 2024

Kepuasan Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Publik Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Jambi

  • 3161 Dibaca
  • Rabu, 29 Juli 2020

Hasil Analisis Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Publik Berdasarkan 6 Variabel yang Diukur

Hasil analisa aspek survey kepuasan masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Kesehatan pelabuhan Kelass III Jambi yang dilakukan pada Tanggal 09 Maret 2020 di Wilayah Kerja Pelabuhan Kuala Tungkal dan Wilayah Kerja Pelabuhan Talang Duku pada 30 responden secara menyeluruh diperoleh dari rata-rata Indeks kepuasan Masyarakat (IKM) dari 6 variabel yang diukur yaitu sebesar 3,105. Bila disesuaikan dengan tabel konversi IKM menjadi 77, 62 dalam kategori Baik. Tabel berikut ini menjelaskan IKM, konversi dan Interpretasi pada setiap variabel yang diukur.

Pada 6 variabel yang diukur terdapat 20 indikator kepuasan masyarakat, berdasarkan hasil survey kepuasan masyarakat yang memiliki IKM tertinggi Sangat Baik terdapat pada 3 indikator yaitu Petugas pelayanan memiliki kompetensi teknis dan administrasi yang memadai, petugas pelayanan berpakaian rapi dan lengkap dengan atribut, dan petugas pelayanan bersikap sopan dan ramah. Sedangkan 17 indikator kepuasan masyarakat lainnya memberikan hasil kepuasan masyarakat kategoriBaik. Dengan indikator paling rendah adalah sarana pengaduan/keluhan pelayanan publik dilengkapi dengan kertas dan alat tulis.

Kesimpulandan Saran

Kesimpulan

  1. Survey dilakukan dengan menyebarkan kuisioner dengan formulir pada 30 responden.
  2. Hasil analisis aspek survey kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik secara menyeluruh diperoleh dari rata-rata Indeks kepuasan Masyarakat (IKM) dari 6 variabel yang diukur yaitu sebesar 3,105. Bila disesuaikan dengan tabel konversi IKM menjadi 77,62 dalam kategori Baik.
  3. Hasil survey kepuasan masyarakat yang memiliki IKM tertinggi Sangat Baik terdapat pada 3 indikator yaitu petugas pelayanan memiliki kompetensi teknis dan administrasi yang memadai, petugas pelayanan berpakaian rapi dan lengkap dengan atribut, dan petugas pelayanan bersikap sopan dan ramah.
  4. Indikator paling rendah adalah sarana pengaduan / keluhan pelayanan publik dilengkapi dengan kertas dan alat tulis.

Saran

  1. Terkait dengan Variabel Kemampuan petugas memberi pelayanan dengna hasil sangat baik perlu dilakukan evaluasi secara berkelanjutan untuk tetap dipertahankan.
  2. Variabelprosedurpelayanan, waktupenyelesaian, produkpelayanan, biayapelayanandansaranadanprasaranadenganhasilBaikperlusuatuupaya yang integrative danmenyeluruhuntukmeningkatkanpelayanannya.

Tindak Lanjut Hasil Analisis Survey Kepuasan Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Publik Berdasarkan 6 Variabel yang Diukur

Berlandaskan pada hasil analisis data yang diperolehdari Survey Kepuasan Masyarakat terhadap persepsi Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Jambi, tindak lanjut yang telah dilakukan :

  1. Melakukan evaluasi terhadap kualitas pelayanan publik dengan melakukan survey kepuasan masyarakat secara berkala.
  2. Pada indikator paling rendah adalah sarana pengaduan/keluhan pelayanan publik dilengkapi dengan kertas dan alat tulis, saat ini Kantor Induk dan seluruh wilayah kerja Kantor kesehatan Pelabuhan kelas III Jambi telah disediakan Kotak Pengaduan Masyarakat.

Komentar Facebook